Translate Here

Cara Mewarnai Kolom Dengan Text Yang Sama di excel

Panduan Komputer , Cara Mewarnai Kolom Dengan Text Yang Sama di excel - Dalam mencari kesamaan text di antara beberapa kalimat yang sama membuat kita harus mencari satu persatu untuk memastikan kebenarannya. Solusi lainnya untuk mencari kalimat atau angka di antara cell atau kolom FIND AND REPLACE.

Untuk mewarnai atau menandai satu kalimat pada Baris atau kolom menggunakan Fungsi CONDITIONAL FORMATTING. Fungsi CONDITIONAL FORMATTING untuk Menyorot Cell yang menarik , mencari nilai-nilai yang sama berdasarkan kriteria , maksudnya ialah mewarnai beberapa cell dalam baris atau kolom dengan goresan pena yang sama baik satu kata atau lebih.

Untuk contohnya kita membuat satu buku Utang pinjaman Pribadi atau Karyawan , dengan asumsi kita ingin mengetahui atau menandai nama seseorang , berapa kali ada melaksanakan pinjaman atau mewarnai untuk memudahkan kita dalam mengontrol  pinjamannya , contohnya mirip terlihat pada gambar berikut ini , pada gambar tersebut terdapat empat orang yang melaksanakan pinjaman , namun kita ingin menandai atau mewarnai nama-nama tersebut dengan empat warna supaya kita mudah mengenalinya tanpa harus menggunakan FILL COLOR.

Untuk mencoba buat mirip pada gambar atau buka data anda apapun datanya tidak mesti nama orang dan tidak mesti hanya satu kata.


Yang terlihat pada gambar terdapat empat nama di lokasi baris yang berbeda.
Untuk mewarnai nama-nama tersebut Blok dari kolom B2 hingga dengan B9.
Selanjutnya Klik CONDITIONAL FORMATTING di Jendela HOME
Sorot Higlight Cells Rules dan Cari Text that Caontains


Pada kolom Format cells that contain the text muncul SUHARDI alasannya kolom pertama yang di blok terdapat goresan pena tersebut.
Kemudian pilih type warna yang terdapat pada kolom WITH , pada kolom WITH terdapat enam warna , kalau anda ingin mencari warna lain pilih CUSTOM FORMAT , setelah warna dipilih klik OK.


Blok Cell B3 hingga dengan B9 dan kemudian cari warna berikutnya yang berbeda dengan sebelumnya.
Lakukan hal yang sama untuk uraian yang berbeda , untuk kolom berikutnya kalau uraian sama tidak perlu lagi mewarnai alasannya akan keluar sendiri warna yang sama kecuali bertambah uraian baru. Dari pewarnaan tadi akan terlihat mirip gambar berikut


Dari pola tersebut sedikit terlihat kegunaanya namun kalau dalam satu cell terdapat beberapa kata diantara banyaknya baris akan kesulitan kita mencari atau menandai goresan pena yang sama kalau tidak diwarnai kolom mirip gambar diatas.

Selamat mencoba supaya suatu ketika adagunya , Terima kasih

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter