Translate Here

Cara Menginstal Windows 7 Dengan Virtual Box

Cara Menginstal Windows 7 Dengan Virtual Box - Menginstal merupakan sebuah hal yang sangat penting yang berhunungan dengan komputer. Terutama menginstal sistem operasi , itu merupakan suatu hal yang sangat wajib untuk dilaksanakan apabila anda ingin menggunakan komputer. Komputer dapat dijalankan dan digunakan dengan bantuan (perantara) sistem operasi. Peran sistem operasi juga sangat penting walaupun terkadang masih banyak orang yang menganggap enteng hal ini.

Kali ini saya akan mencoba sharing bagaimana cara menginstal ulang sistem operasi itu dengan menggunakan sebuah software virtual. Kali ini kita akan membahas mengenai cara penginstalan windows 7 dengan menggunakan aplikasi virtual box. Aplikasi ini sangat cocok bagi teman-teman yang ingin belajar menginstal ulang sistem operasi. Aplikasi ini hanya bersifat virtual dan tidak akan mensugesti data-data yang ada di laptop atau komputer anda. Aplikasi ini sangat aman dan sangat membantu tentunya bagi teman-teman yang ingin belajar menginstal ulang biar nantinya tidak menyuruh atau membayar orang untuk melaksanakan instal ulang laptop atau komputer.

Melakukan penginstalan di virtual box ini akan sama persis waktu kita melaksanakan penginstalan di komputer. Step demi stepnya sama persis , maka dari itu sebaiknya bagi para pemula dianjurkan apabila ingin belajar menginstal ulang dapat dipraktekkan di aplikasi virtual box ini terlebih dahulu.

Pertama anda harus memiliki aplikasi virtual box , mampu juga dengan cara mendownloadnya di situs resminya [disini]. Sesuaikan dengan OS yang anda gunakan sekarang. Setelah aplikasi didownload maka instal terlebih dahulu aplikasi virtual box tersebut. Untuk penginstalannya sangat gampang sekali , saya rasa teman-teman semua pasti bisalah.

Selanjutnya anda harus memiliki master windows 7. Untuk mendapatkannya mampu didownload dan juga mampu memintanya pada orang terdekat anda atau teman. Sebaiknya sih menggunakan windows 7 yang original.

Cara Menginstal Windows 7 Dengan Virtual Box

Setelah kedua syarat di atas terpenuhi , maka langkah selanjutnya yaitu buka aplikasi virtual box , maka akan ada tampilan mirip gambar di bawah ini. Pada gambar di bawah klik tombol Baru.


Setelah itu akan ada tampilan mirip gambar di bawah ini. Untuk prosesnya , anda tinggal mengikuti panah yang telah diberi nomor urut prosesnya. Untuk Nama , anda bebas menuliskan nama apa saja sesuai dengan keinginan. Untuk Tipe , anda harus memilih OS apa yang ingin anda instal di aplikasi virtual box ini. Dan untuk Versi , pilihlan versi sistem operasi yang akan anda instal nantinya. Kemudian setelah akibat klik Lanjut.


Pada proses selanjutnya yaitu anda akan diminta untuk memilih berapa kapasitas RAM yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi ini. Anda bebas untuk menentukan besarnya kapasitas RAM yang akan digunakan nantinya. Saran saya sih sebaiknya menggunakan kapasitas 512 MB saja biar nantinya komputer anda tidak lemot. Lalu klik Lanjut


Kemudian akan ada perintah untuk membuat virtual harddisk. lalu klik Buat


Klik Lanjut.


Pada langkah ini klik Lanjut saja.


Kemudian tentukan kapasitas harddisk yang akan digunakan nantinya pada proses penginstalan. Ini hanya bersifat virtual saja ya. Minimal kapasitasnya 20 GB saja. Kemudian setelah akibat menentukan ukuran harddisk virtual , klik Buat.


Maka proses telah selesai. Ini merupakan proses pembuatan folder penyimpanan , biar nantinya apabila terjadi hal yang tidak diinginkan , masih dapat dilanjutkan. Setelah itu klik Mulai yang ada logo panah berwarna hijau.


Pada tahap ini anda diminta untuk memasukkan file iso dari windows 7 yang biasanya berukuran sekitar 2- 4 GB. Untuk caranya mampu dengan mengikuti petunjuk pada gambar di bawah ini. Kemudian klik Mulai.


Dan disinilah proses penginstalan windows 7 nya dimulai.


Ditahap ini ubahlah Time and currency format menjadi Indonesia. Kemudian klik Next.


Klik Instal Now.


Beri centang pada I accept the license terms. Lalu klik Next


Nantinya akan ada 2 pilihan mirip gambar di bawah ini.
Upgrade : memperbaharui windows sebelumnya yang telah diinstal.
Custom (advanced) : melaksanakan penginstalan ulang secara total.

Maka pada tahap ini pilih opsi yang kedua yaitu Custom (advanced).


Selanjutnya kita akan membuat sebuah partisi dimana folder penginstalan windows 7 ini akan diletakkan. Klik Drive options.


Disini saya hanya membuat satu partisi saja dengan ukuran 25 GB. Untuk proses membuat partisi harddisk dapat dilihat pada petunjuk yang ada pada gambar di bawah ini.


Sebuah partisi telah akibat dibuat. Klik pada partisi yang telah dibuat , lalu klik Next.


Proses penginstalan dimulai , dan akan memakan waktu kira-kira 15-25 menit. Enjoy menunggu ya teman-teman. Setelah akibat nantinya komputer akan otomatis restart.


Lalu akan dilanjutkan dengan proses completing installation.


Tunggu proses loadingnya.


Selanjutnya ketikkan nama user yang akan digunakan dikompter anda. Lalu klik Next.


Pada tahap ini mampu pribadi klik next saja. Perintah di bawah yaitu untuk menunjukkan password pada komputer anda.


Selanjutnya yaitu memasukkan prodcut key , apabila tidak ada silahkan klik next saja. Biasanya jikalau windows original ada product keynya dan inilah yang membedakan antara windows oridinal dan bukan original.


Use Recommended Settings : Menggunakan pengaturan yang direkomendasikan.
Install important updates only : Menginstal pembaruan yang penting saja.
Ask me later : Nanti
Apabila teman-teman ingin selalu mengupdate windowsnya silahkan pilih yang paling atas. Biasanya update ini akan memakan waktu yang sanngat lama. Dan terkadang juga akan membuat seseorang jengkel. Kalau pengen aman pilih paling bawah.


Atur waktu dan zona waktunya. Kemudian Next.


Dan proses penginstalan telah akibat


Tampilan awal windows 7.


Sekian artikel cara menginstal windows 7 dengan virtual box , semoga dapat bermanfaat. Dan apabila masih ada yang kurang terang , silahkan tulis dikomentar. Bantu share ya teman-teman , terimakasih.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter