Translate Here

Macam-Macam Linux

Oke selamat siang semuanya , jumpa lagi dan semoga tidak bosan membaca artikel di blog ini. Karena setiap saatnya artikel-artikel yang ada di blog ini akan di update , tentunya untuk menyampaikan informasi-informasi yang bermanfaat buat teman-teman semuanya. Kali ini kita akan membahas mengenai macam-macam linux.

Distro Linux atau abreviasi dari distribusi Linux merupakan sebutan untuk sistem operasi komputer selain Windows milik Microsoft , dan Mac milik Apple. Distro Linux abreviasi dari distribusi Linux yang juga merupakan keluarga Unix yang menggunakan sistem kernel Linux. Distribusi Linux ini dapat berupa perangkat lunak bebas alias gratis dan open source , dan ada juga yang berupa perangkat lunak komersial atau prabayar. Lalu apa saja macam macam linux? Berikut yaitu ulasannya untuk Anda :

Macam-Macam Linux

Red Hat Linux
Red Hat Linux merupakan salah satu GNU yang tergolong usia tua , yang menyampaikan fasilitas dengan mode tampilan yang gratis mulai dari penginstalan dan juga aplikasinya. Namun untuk versi Red Hat Linux yang terbaru Anda perlu mengeluarkan biaya yang sudah ditentukan. Seperti halnya dengan sistem operasi linux lainnya , Red Hat Linux cukup populer digunakan untuk banyak perusahaan dan sudah terbukti kualitasnya. Selain itu sistem operasi ini juga mendukung secara teknis , pelatihan , pengembangan aplikasi , sertifikasi , dan lain sebagainya.

Debian Linux
Debian Linux yaitu distro Linux yang selanjutnya. Sistem operasi ini memang sudah terkenal bagi kalangan pengguna Linux , yang terkenal dengan open sourcenya. Debian Linux tidak mengedepankan suatu distro yang bersifat komersial atau prabayar. Debian Linux merupakan hasil perjuangan para sukarelawan yang membuat distr dengan kualitas tinggi namun tetap gratis dan open source. Keunggulan menggunakan Debian Linux yaitu mudah untuk di upgrade , depedensi paket dengan baik , serta dikembangkan secara terbuka.

Mandriva Linux
Mandriva Linux lahir diinspirasi oleh RedHat Linux dengan adanya banyak pengembangan , serta aplikasi prakonfigurasi. Hal tersebut dapat memudahkan untuk para pengguna pemula , baik dalam awal proses memulai instalasi yang berbasis Xwindow , hingga dengan dukungan banyak sekali bahasa. Pada sistem operasi ini , semua paket telah dikompilasi dnegan meningkatkan secara optimal prosesor dan menghasilkan meningkatkan secara optimal yang bagus. Dulunya bukan berjulukan Mandriva Linux , melainkan berjulukan Mandrake Linux.

Ubuntu Linux
Ubuntu Linux merupakan distribusi linux yang berbasis Debian. Mungkin Anda semua sudah tidak abnormal lagi dengan Ubuntu Linux. Nama Ubuntu sendiri diambil dari nama sebuah konsep ideology yang ada di negara Afrika Selatan yang berarti “rasa perikemanusiaan terhadap sesame manusia”. Beberapa kelebihan dari Ubuntu Linux ini yaitu pengaturan jaringan yang cukup mudah , versi desktop yang indah , dan lain sebagainya. Sistem operasi berbasis debian ini cukup banyak digunakan orang alasannya yaitu sifatnya yang gratis dan open source.

Linux Mint
Linux Mint merupakan sistem operasi dengan basis Linux untuk PC. Inti dari Linux Mint mirip pada Ubuntu , sehingga aplikasi yang digunakan di Ubuntu juga dapat berjalan pada sistem operasi Linux Mint. Linux Mint dilengkapi dengan pencarian serta aplikasi favorit. Distro ini memiliki segala kelebihan salah satunya yaitu tampilan desktop sederhana , dan management yang mudah untuk dipelajari.

BlankOn
BlankOn Linux yaitu distro Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia atau (YPLI) serta Komunitas Ubuntu Indonesia untuk menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan komputer di Indonesia. Filosofi dari BlankON ini yaitu fasilitas penggunaan , serta kehandalan yang ditawarkan oleh BlankON yaitu distribusi aslinya. BlankOn dikembangkan bersama-sama dan terbuka dan menghasilkan distro Linux Indonesia mirip pada dunia pendidikan , perkantoran , serta pemerintahan.

Itulah pembahasan mengenai macam-macam linux yang dapat anda ketahui , dan dapat anda ketahui juga bahwa masih banyak lagi distro linux yang ada. Distro Linux di atas banyak yang populer dikalangan masyarakat tepatnya di Indonesia dan negara lainnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah isu yang bermanfaat buat teman-teman semuanya , dan juga dapat mambantu apabila ada peran sekolah mengenai hal ini. Sekian dan jangan lupa di share ya supaya bermanfaat juga buat orang banyak.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter