Translate Here

10 Tips Aman Menggunakan Internet di Tempat Umum

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Banyak pengguna internet yang belum mengetahui dan bahkan tidak menyadari bahwa banyak kejahatan yang datang dari dunia maya. Orang-orang awamlah yang biasanya akan menjadi sasaran para penjahat dunia maya mulai dari peretasan sampai melaksanakan penipuan. Untuk menghindari hal-hal buruk yang dapat menyerang kapan saja , sebaiknya para pengguna internet baik itu di komputer , laptop maupun smartphone mengetahui bagaimana menggunakan internet yang aman itu.

Berikut akan kami berikan 10 tips supaya acara internet kau mampu menjadi lebih aman dan juga dapat menghindari dari serangan para hacker atau penjahat internet.

1. Pastikan komputer kau menggunakan kunci keamanan dengan password yang kuat. Selain itu , kunci juga akun-akun yang ada di dalam komputer dengan password yang kuat. Begitu juga pada smartphone , gunakan PIN atau POLA keamanan. Dianjurkan untuk setiap akun memiliki password yang berbeda-beda , hal ini untuk mengamankan setiap akun yang kau miliki. Misalkan ada satu akun kau yang diretas , sedangkan akun yang lainnya memiliki password yang sama dengan akun yang diretas itu , maka kemungkinan semua akun kau akan diretas dan ucapkan selamat tinggal di dunia online. Jika kau mempunyai banyak akun , maka kau mampu menulisnya atau menyimpannya di Notepad dan kemudian disimpan di daerah yang kau rasa paling aman atau jika nggak di Hidden saja.

10 Tips Aman Menggunakan Internet di Tempat Umum

2. Ketika kau hendak memasukkan username , password , PIN dan lainnya pastikan tidak ada orang yang melihat sekalipun itu sobat bersahabat kamu. Kan zaman sekarang banyak tuh sobat makan sobat , ya kan siapa tau hehe , tapi semoga saja tidak.

3. Tetap berhati-hati terhadap setiap email yang masuk , lakukan pengecekan dengan teliti terhadap email yang dianggap mencurigakan. Jangan terlalu cepat percaya terhadap banyak sekali proposal yang tampak berlebihan dan waspadai pengirimnya. Hacker zaman sekarang sangat cendekia , dia akan mengirimkan sebuah email yang tampak seolah-olah berasal dari seseorang atau sumber yang dapat dipercaya.

4. Jangan lakukan transaksi bank , belanja , pembayaran tagihan , atau acara penting lainnya melalui komputer milik umum , misalnya pada akomodasi internet gratis di bandara , di warnet , atau dari smartphone , tablet , dan laptop yang terhubung dengan koneksi Wi-Fi yang terbuka untuk umum.

5. Hapus SPAM yang ada di email kamu. Jangan berikan alamat email kepada orang yang tak terlalu kau kenal atau lembaga yang tidak begitu jelas. Hindari mempublikasikan alamat email di jejaring sosial , mirip Facebook , Instagram , Twitter dan lainnya.

6. Pastikan website yang kau kunjungi sudah terverifikasi keamanannya dan tentunya terpercaya. Alamat website yang aman biasanya menggunakan "https://" atau akan muncul icon gembok terkunci yang berwarna hijau dipojok kiri atas sebuah browser.

7. Unduh aplikasi keamanan yang memungkinkan kau menghapus semua data pribadi dari jauh. Hal ini akan sangat berfungsi ketika smartphone atau tablet kau hilang atau dicuri.

8. Lakukan pembaruan terhadap software keamanan yang ada dikomputer. Untuk software keamanan kini telah tersedia untuk semua jenis perangkat , baik itu komputer , smartphone , tablet ataupun laptop. Software kemanan ini berfungsi untuk melindungi perangkat yang kau miliki setiap saat. Salah satu teladan software kemanan yaitu banyak sekali macam antivirus , misalnya Avira dan Kaspersky.

9. Hindari menampilkan data pribadi secara rinci mirip alamat rumah , bahkan nomor telepon. Ketika kau mengisikan data diri dengan sangat lengkap , maka mampu saja seseorang yang tidak bertanggung jawab menggunakan gosip tersebut untuk membuat akun palsu bahkan melaksanakan penipuan terhadap orang lain dengan mengatasnamakan diri kamu.

10. Gunakan pengaturan privasi atau privacy setting di akun jejaring sosial kamu. Pastikan yang mampu mengakses foto dan status kau hanyalah orang-orang terdekat atau yang sudah dipercaya. Dan jangan eksklusif mendapatkan (accept) seruan pertemanan (friend request) dari orang yang kau tidak yakin mengenalnya.

Sekian 10 tips aman menggunakan internet di daerah umum. Apakah masih ada yang ketinggalan? Silahkan share pengalaman teman-teman semua pada kotak komentar yang telah kami sediakan di bawah ini.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter