Translate Here

Tips Aman Belanja Online

GUDANGILMUKOMPUTER.com - Berbelanja online bukanlah hal yang baru bagi masyarakat dikala ini. Ada beberapa faktor yang membuat berbelanja online lebih diminati banyak orang , misalkan harga yang ditawarkan lebih murah dan juga kita tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja , cukup dengan menyediakan komputer atau smartphone dan juga jaringan internet. Namun , banyak pro dan kontra mengenai berbelanja online ini. Salah satunya yaitu mengenai data pada dikala melaksanakan belanja online , banyak pengguna yang seram jikalau data-data mereka akan dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tips Aman Belanja Online

Keamanan data yang dimaksudkan yaitu mirip penipuan online , pencurian data kartu kredit hingga pencurian identitas. Karena itulah , melalui artikel ini kami akan menunjukkan beberapa tips belanja online yang aman. Di artikel ini akan dikupas secara tuntas bagaimana menghindari hal-hal tersebut.

1. Pastikan Komputer Aman Dari Virus

Tips Aman Belanja Online

Virus menjadi salah satu hal yang seram di dunia teknologi dikala ini. Virus yang menyerang komputer dapat mencuri aneka macam identitas dan data-data penting yang ada di komputer. Entah darimana datang virus-virus ini , menurut info yang kami dapatkan , virus ini diciptakan oleh hacker yang fungsinya bermacam-macam. Mulai dari pencurian data-data penting hingga mampu juga menghancurkan file-file yang ada dikomputer. Untuk menghindari virus ini , pastikan kau menggunakan antivirus yang berkualitas dan terupdate.
Baca juga : Rekomendasi Antivirus Terbaik Dan Tercanggih Untuk Melindungi Komputer

2. Kenali Toko dan Seller Tempat Kamu Akan Berbelanja

Tips Aman Belanja Online

Ini merupakan hal awal yang sangat penting untuk kau lakukan. Jika kau ingin berbelanja online yang aman , maka kenalilah terlebih dahulu toko dan seller. Hal ini ditujukan biar dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan mirip tertipu atau bahkan menerima barang yang tidak sesuai. Lantas bagaimanakah cara mengenali toko dan seller tersebut? Kamu mampu melihat terlebih dahulu testimoni-testimoni dari pembeli sebelumnya. Jika banyak pembeli sebelumnya melaksanakan testimoni yang mengagumkan , maka kau mampu melaksanakan pembelian lebih lanjut. Jika belum ada testimoni , maka dilewatkan terlebih dahulu.

3. Gunakan Rekening Bersama Jika Perlu

Tips Aman Belanja Online

Apa itu rekening bersama? Jika kau sering berelanja di FJB Kaskus maupun forum-forum lainnya , pastinya kau akan sering mendengarkan wacana Rekening Bersama ini. Fungsi rekening bersama yaitu sebagai mediator antara pembeli dan penjual. Tenang saja , beberapa toko online di Indonesia sudah menerapkan sistem Escrow atau rekening bersama secara "Official" misalkan BukaLapak , Tokopedia , dan Kaskus JualBeli.

4. Jangan Tergiur Harga yang Murah

Tips Aman Belanja Online

Harga yang murah akan menggiurkan banyak orang. Lalu apakah kau tidak curiga dengan harga murah tersebut? Tentunya harga yang murah patut kita pertanyaan dan juga dipertimbangkan ketika hendak membeli. Kalau harganya selisih dikit dengan harga pasaran , yah wajar-wajar saja sih namanya juga persaingan. Lain halnya jikalau harga yang ditawarkan berbeda jauh dengan harga pasaran , tentu hal ini dapat dipertanyakan. Jangan tergiur dengan harga yang murah merupakan poin terpenting dalam melaksanakan belanja online. Bahkan hingga muncul peribahasa "Ada harga ada rasa" "Harga tidak pernah bohong , harga tinggi kualitas juga tinggi".

5. Email Pribadi dan Email Belanja Sebaiknya Dipisah

Tips Aman Belanja Online

Kok Begitu? dalam beberapa kasus , pencurian identitas dilakukan pada online store yang tingkat kemanannya cukup rendah. Sehingga dengan memisahkan kedua email ini dapat mengurangi terjadinya resiko peretasan data yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

6. Pastikan Online Store Tempat Kamu Berbelanja Menggunakan SSL

Tips Aman Belanja Online

Apa sih SSL itu dan fungsinya apa? SSL yaitu sebuah bentuk protokol keamanan yang berfungsi untuk mengenkripsi segala acara atau transaksi yang ada pada sebuah website. Lalu cara mengeceknya gimana? Cukup mudah , pastikan saja website toko online yang diakses menggunakan https:// bukan http://.

7. Gunakan Password yang Rumit Pada Akun Online Store

Tips Aman Belanja Online

Hacker dengan mudah akan melacak atau menerima password kau dengan cara membobol website dengan tingkat keamanan yang rendah. Kalau mampu , setiap akun yang kau buat menggunakan password yang berbeda dan tentunya rumit. Fungsi dari membedakan password yaitu jikalau akun kau yang satunya terkena hack , maka kemungkinan akun kau yang lainnya akan tetap aman alasannya yaitu menggunakan password yang berbeda.

8. Jika Menggunakan PayPal Untuk Berbelanja Online , Pastikan Email PayPal Adalah Email Khusus

Tips Aman Belanja Online

Jika kau sering berbelanja online di luar negri tentunya sudah tidak abnormal lagi dengan PayPal. PayPal yaitu sebuah Bank Online yang memiliki fungsi layaknya mirip bank-bank lokal lainnya. Fungsi lain dari PayPal yaitu sebagai escrow atau rekening bersama.

Nah , lalu fungsi dari membedakan email tadi apa? PayPal sendiri menggunakan email sebagai identitas. Nah , jikalau salah satu akun kau yang ada disebuah website diretas , maka kemungkinan data PayPal akan tetap aman.

9. Jangan Simpan Data Kartu Kredit Secara Online

Tips Aman Belanja Online

Berbelanja dengan menggunakan kartu kredit akan lebih mudah alasannya yaitu lebih mudah dan cepat. Biasanya juga akan ada diskon bagi yang menggunakan kartu kredit bank tertentu. Perlu kau ketahui , ada beberapa orang yang tidak bertanggung jawab ingin melaksanakan peretasan kartu kredit kamu. Hal mirip ini sudah sering terjadi dan menjadikan isi dari kartu kredit tersebut terkuras.

Peretasan kartu kredit ini disebut Carding. Di Indonesia kasus Carding ini sudah marak terjadi , kami menghimbau untuk tidak menyiman data kartu kredit kau secara online. Jika kau tetap memilih menyimpan data kartu kredit secara online , pastikan bahwa kau mengikuti seluruh tips yang telah diberikan.

Sekian tips mengenai tips aman belanja online. Apakah ada tips tambahan? Silahkan share pada kotak komentar di bawah ini.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter